Minggu, 28 November 2010

Toleransi

Toleransi, kata ini sering kita jumpai dalam kita kehidupan sehari-hari. Jadi, toleransi itu apa yah ?

Menurut gw, toleransi adalah dimana saat kita mau menghilangkan sikap egois dan mau menerima adanya perbedaan.

Setiap orang punya persepsi, punya pendapat sendiri, punya rules sendiri seperti yang sering gw liat di internet ada Girls's rules yang isinya tentang peraturan yang harus diikutin cowok kalau mau pacaran sama cewe, tapi ada juga guys's rule yang isinya sangat berlawanan dengan girls's rules. Kalo punya rules" sendiri gimana mau pacaran coba ?

Nah, disinilah gunanya sikap toleransi dimana kita mau rendah hati untuk memahami persepsi dan rules" tersebut dan gak cuman berpikir kalau persepsi kita paling benar. Karena, di dunia ini gak pernah ada yang namanya kebenaran, cuman ada persepsi contohnya bagi umat muslim makan babi itu salah, haram, tapi buat orang non-muslim makan babi itu ok" aja kan ?. Coba bayangin kalo umat muslim dan non-muslim ngotot-ngototan pasti udah ada perang karena semuanya tetap pada persepsi masing-masing.

Kalau semua orang mau toleransi, gak akan ada yang namanya perselisihan, gak akan ada perang. Tapi nyatanya, semua manusia pasti menganggap dirinya paling benar, itu sikap umum. Tapi kenapa kita cuman mau menerima sikap yang umum itu ? kenapa kita gak mencoba buat melihat sudut pandang orang lain ?, yang tinggal di dunia ini bukan cuman kita kan ? Karena itu cobalah untuk toleransi, dengan toleransi pasti semuanya damai.

Menurut gw, orang yang bodoh adalah orang yang selalu bermimpi untuk mengubah dunia dengan persepsinya tapi orang yang pintar selalu mencoba untuk beradaptasi dengan persepsi orang lain.

:D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar